Selasa, 02 Agustus 2011

Tutorial Java - Instalasi Java

1. Tahap Pemrograman Java.
Pemrograman java dapat dijalankan dengan berbagai cara. Hal ini tentunya sangat tergantung pada IDE yang digunakan. Namun pada dasarnya menuliskan program java dapat dilakukan dengan dua hal yang pertama dengan menggunakan console dan text editor, sedangkan yang kedua dengan mengunakan IDE yang berbasis GUI seperti netbeans, eclipse, dan sebagainya. Namun dalam buku ini hanya akan dibahas tentang instalasi melalui console dan netbeans. Sedangkan tahap-tahap dalam pemrograman java itu sendiri meliputi hal-hal sebagai berikut:
1.      Menuliskan Program Java
2.      Melakukan kompilasi program java
3.      Menjalankan Program Java.
Perlu diingat bahwa sebelum melakukan langkah 1 sampai dengan 3 seperti diatas, maka computer yang kita gunakan harus terinstal IDE java terlebih dahulu. Misalnya dalam buku ini akan digunakan dengan IDE J2SDK 1.6 atau disebut JDK versi 6 saja. Sedangkan tahap-tahap kompilasi program java dapat dilihat seperti gambar dibawah ini.




Gambar Langkah-langkah Pemrograman Java
Perlu digaris bawahi  bahwa Java sebenarnya terdiri dari atas 2 pengertian, yaitu :
  1. Teknologi Java sebagai suatu platform, yang biasa disebut juga sebagai Java Runtime Environment (JRE). Platform ini diperlukan sebagai lapisan atau layer untuk menjalankan program Java yang telah dikompilasi (bytecode). Untuk melakukan kompilasi kita memerlukan tools tambahan yang ditambahkan ke dalam JRE dan dikenal sebagai Java Development KitJDK). Jadi di dalam JDK sendiri secara otomatis sudah terdapat platform JRE. (
  2. Bahasa programming Java. Bahasa inilah yang mungkin dirujuk sebagai “Java” secara umum. Java merupakan bahasa Object Oriented Programming yang bisa diklaim telah diimplementasikan secara penuh . OOP di Java merupakan pengembangan lebih lanjut dari dari bahasa C++.
JRE dan JDK merupakan suatu aplikasi atau program yang perlu diinstalasi terlebih dahulu. Paket untuk JRE dan JDK tersedia untuk berbagai sistem operasi populer seperti Microsoft Windows, Macintosh, Unix, Linux, dan Solaris. Karena ketersediaan JRE/JDK yang multi-platform dan karena aplikasi Java berjalan di atas JRE ini, maka seringkali teknologi Java dikenal dengan motto “Write Once Run Everywhere” (Ditulis sekali saja untuk satu platform tetapi dapat dijalankan di berbagai platform sistem operasi).

public class HelloWorld {
public static void main(String args[]){ 
        new HelloWorld("Hello World !");
}
public HelloWorld(String message){
        try{
               Thread.sleep(2000);
        }
        catch(InterruptedException e){
               e.printStackTrace();
        }
        System.out.println(message);
}
}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar