Minggu, 07 Agustus 2011

Cara menghilangkan virus berbahaya

“jurus” yang berkaitan dengan cara menghilangkan virus komputer sangat diperlukan bagi orang-orang yang bekerja tak lepas dari perangkat komputer. Dukungan komputer bagi bebagai macam aspek kehidupan manusia, mulai dari kantor, rumah tangga, pemerintahan, dsb.

Aktivitas tersebut mengharuskan komputer senantiasa dalam keadaan stand by untuk digunakan dalam membantu berbagai keperluan tersebut. Jika komputer mati karena virus bisa membuat semuanya berantakan.

Bagaimana cara menghilangkan virus komputer? Artikel ini akan membahasnya secara mendetail dan mendalam sehingga komputer Anda diharapkan selalu safety. Sebagaimana yang Anda ketahui, makin canggih perkembangan teknologi komputer semakin canggih pula para pembuat virus yang bisa menggantikan mekanisme sebuah komputer.

Menghilangkan Virus Conficker

Begitu banyak jenis virus, mustahil semua virus dibahas dalam artikel singkat ini. Maka jalan terbaiknya adalah membahas beberapa virus yang dianggap krusial dan sering dijumpai ketika sebuah komputer terkena virus, salah satunya “conficker”.

Virus conficker ini termasuk virus canggih karena penyebarannya berbeda dari pendahulunya. Virus jenis ini bisa masuk ke jaringan windows default share melalui password administrator yang bisa dengan mudah ditebak. Selain itu, virus conficker DV ini mampu membuat file di card reader, hard disk, atau flash disk dan membuat hidden file pada root drive.

Ada beberapa jurus jitu dalam membunuh atau menghilangkan virus conficker DV ini, antara lain:

* Jika komputer siap untuk dibersihkan dari ancamaan virus conficker, maka koneksi ke internet harus diputuskan terlebih dahulu.

* Matikan restore system.

* Deteksi dan matikan virus yang aktif pada service. Gunakanlah anti-virus “norman” yang sudah teruji.

* Cek registry, khawatir ditanami svchost.exe. Jika ada maka segera delete.

* Cek juga C:\WINDOWS\Tasks dan hapus schedule task-nya.

* Hapus juga string registry yang dibikin virus.

Virus Shortcut

Selain virus conlicker, ada juga virus yang sering menyerang berjenis “shorcut”. Virus ini memang bukan termasuk virus yang berbahaya, namun cukup merepotkan karena banyak membuat shortcut dari file yang asli. Jika komputer Anda terserang jenis virus ini maka langkah-langkah dibawah bisa dilakukan:

* Jika belum punya, maka download dulu anti virus shortcut.

* Langkah berikutnya,matikan semua system restore di semua drive.

* Setelah itu, restart komputer dan masuk ke safe mode. Masuk ke safe mode bisa dilakukan dengan menekan F8, atau kalau belum bisa tekan F9 atau DEL. Jika belum bisa juga, maka carilah di search engine google untuk mencari cara masuk ke safe mode karena kondisi masing-masing komputer berbeda-beda.

* Setelah masuk safe mode, ikutilah semua langkah yang diinstruksikan oleh anti virus shortcut.

* Jika sudah selesai, restart komputer dan biarkan beberapa saat.

Semoga artikel cara menghilangkan virus komputer diatas bisa membantu Anda yang kebetulan komputernya sedang terserang virus jenis conficker atau shortcut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar