Minggu, 07 Agustus 2011

Cara Mengetahui Versi .NET Framework Yang Terinstal

Secara singkat Microsoft .NET Frameworkmerupakan komponen yang dapat ditambahkan di sistem operasi windows, yang menyertakan berbagai kerangka solusi-solusi program. Para programmer atau pembuat software bisa menggunakan berbagai kerangka yang ada di .NET Framework ini didalam software-nya.
Ketika menginstall software atau program tertentu, saat ini tidak jarang diperlukan Microsoft .NET Framework versi tertentu, misalnya .NET 2.0, 3.0, 3.5 dan lainnya. Apa sebenarnya Microsoft .NET Framework dan bagaimana mengetahui apakah di komputer sudah terinstall .NET ini + versinya ?
Berikut tutorialnya ditulis oleh mas Ebta dalam blog nya yaitu Ebsoft.web.id
Bagi yang ingin meng-update .Net Framework di komputer, Berikut cara untuk mengetahui versi berapa .net framework yang terinstall di komputer kita.  Silahkan coba salah satu cara berikut :
Melalui Control Panel
Buka Control Panel > Add/Remove Programs. Disana akan tampil software-software atau program yang sudah kita install di windows. Termasuk juga .net framework. Geser saja dan lihat daftar yang diawali dengan huruf M. Jika sudah terinstall di komputer, maka akan tampil daftarnya, misalnya seperti berikut :
Terlihat bahwa .NET Framework versi 2.0, 3.0 dan 3.5 sudah terinstall di komputer.
Melalui Registry Windows
Bagi yang sudah terbiasa utak-atik atau membuka Registry Windows, versi .NET framework juga bisa diketahui melalui Registry. Buka saja key iniHKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\NET Framework Setup\
jika sudah terinstall, akan tampil versi berapa saja dengan informasi tambahan seperti lokasi installasi dan lainnya.
Dengan Software
Bagi yang ingin menggunakan software, salah satunya bisa menggunakan software asoft .NET Framework Detector. Download program kecil + portabel ini dari download link asoft.de ( 349 KB) disini ! . Setelah selesai jalankan, maka akan tampil seperti berikut : 
Angka merah menunjukkan versi .NET Framework belum terinstall di komputer, sedangkan warna hijau menunjukan sudah di install.

Semoga Bermanfa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar