Kamis, 08 Maret 2012

ASPEK GUI PADA JAVA

Pada zaman sekarang ini. Teknik pemerograman berbasis GUI menjadi kebutuhan pokok dalam dunia teknologi informasi, tuntutan kebutuhan akan aplikasi yang mudah, memudahkan, cepat dalam pembuatannya serta menarik untuk di pandang mata, hal inilah yang membuat GUI menjadi kebutuhan pokok. Dalam duni teknologi informasi.

Pengenalan GUI (Graphical User Interface)

Sebelum kita mengenal GUI dalam pemrograman java, Java menyediakan pembuatan program berupa console based di mana iteraksi denga user selalu melalui command prompt dan menggunakan teks. Pada kenyataan sebenarnya, jika kita ingin gunakan graphical user interface (GUI) dapat dikatakan keharusan. User pada umumnya lebih senang berinteraksi dengan GUI dibandingkan dengan sekumpulan teks karena dengan GUI, program akan terlihat lebih menarik dan lebih terkesan user friendly.


Perlu di ingat Java telah mendesain sedemikian rupa komponen GUI sehingga umumnya cara penggunaan tidak jauh berbeda satu sama lain. Kita hanya perlu sedikit bereksperimen untuk mengetahui cara penggunaannya

Komponen GUI yang pertama kali di perkenalkan oleh java yaitu AWT (Abstract Eindow Toolkit). Komponen ini merupakan komponen yang di perkenalkan oleh java sebelum SWING tetapai dalam pembuatan GUI, library AWT juga memiliki peran yang penting dalam pembuatan GUI sebelum SWING. Namaun Setelah SWING di perkenalkan java merekomendasikan pembuatan GUI menggunakan SWING. Akan tetapi kita masih memerlukan AWT di karenakan sebagian besar komponen Swing sendiri merupakan turunan dari komponen AWT sehingga ada beberapa class dari komponen AWT yang bukan merupakan komponen GUI yang harus digunakan bersamaan dengan komponen SWING.

Swing merupakan sekumpulan fature yang di buat untuk memudahkan programmer dalam membuat GUI di mana Swing merupakan bagian dari JFC(Java Foundation Class)


Sumber :

http://ikc.vip.net.id/berseri/ginanjar-java/index.php
http://www.informatika.lipi.go.id/publikasi/desain-model-gui-pada-sistem-pengenal-suara.html
Pemrograman berbasis objek dengan bahasa java, Indra Jani S, Kom, MM. martin S. Kom. Penerbit PT. Elex Media Komputindo
Belajar Otodidak Java dengan Netbeands 6.0, Hendry, ST. Penerbit PT. Elex Media Komputindo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar